News Trending

Cara Menggunakan Kamera DSLR Anti Mainstream

ad+1




Fotografi memang menjadi salah satu hobi yang digemari banyak orang. Tetapi ada perbedaan antara pria dan wanita dalam memandang istilah fotografi. Wanita lebih senang memandang fotografi sebagai dokumentasi momen penting mereka atau bahkan selfie untuk mendokumentasikan kecantikan mereka. Sedangkan pria menganggap fotografi sebagai hobi dan terkadang malah memandangnya sebagai job. Kita tak bisa mengelak bahwa foto yang indah berasal dari feeling serta tangan yang telah terasa untuk mengabadikan momen yang bernilai tinggi. Oleh karenanya, fotografer memiliki skill khusus yang tidak bisa dimiliki banyak orang. Tapi banyak pemula yang terkadang bosan dengan teknik-teknik dasar yang mereka pelajari seperti istilah rules of third dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan tips dan trik terjitu nih dalam menggunakan kamera DSLR kamu.
Kenali Objek Fotomu
Bentuk dan garis yang tercipta menjadi pola itu bisa jadi magnet yang begitu menarik dilihat, apalagi kalau bisa simetri. Pola sendiri merupakan perulangan bentuk, garis, warna, benda, atau objek apapun. Bisa jadi formatnya teratur ataupun tak teratur. Kalau kamu jeli memanfaatkan perulangan ini dalam sebuah kamera DLSR, hasilnya bukan saja indah, namun juga memiliki daya tarik kuat bagi siapapun yang melihat. Yakin nggak mau menggunakan trik kamera DSLR ini?
Penuhi Frame dengan Objek Utama
Poinnya, jangan sia-siakan sisa tempat di dalam kamera DSLR kamu. Kalau bagian kosong itu memang kosong, dalam artian nggak mendukung konteks foto, akan lebih baik kalau kamu crop atau zoom foto di kamera DSLR kamu agar objek utama mengisi frame. Pertama kali melihat obyek apapun, mungkin kamu akan bingung, terkait sebesar apa kamu perlu merekamnya dalam frame dan zoom in kamera DSLR kamu. Kamu juga akan memikirkan seperti apa foto yang pas. Yang perlu kamu tahu adalah, meninggalkan terlalu banyak ruang kosong adalah kesalahan komposisi yang sangat lazim dilakukan. Objek fotomu akan terlihat lebih kecil dari sebenarnya dan dapat membingungkan pandangan karena fokus yang kurang sesuai dari hasil jepretan kamera DSLR kamu.
Kreatifitas Warna
Cobalah bermain dengan kombinasi warna primer (merah-hijau-biru) yang menggugah rasa kontras pada kamera DSLR kamu. Misalnya, di sebuah objek foto yang didominasi warna hijau kamu berhasil menemukan elemen lain dengan warna merah, sehingga menyeruak di mata. Kamu harus percaya, warna memegang peranan yang penting dalam seni visual apapun, termasuk seni fotografi. Warna-warna primer yang tajam sanggup menarik perhatian mata, terlebih bila dipadukan dengan warna complement atau pelengkap, dan mampu menjadi titik fokus yang menarik. Kalau misal kamu menemukan warna-warna yang tajam, kamu bisa menyiasatinya dengan menyertakan background yang berwarna monokrom di kamera DSLR kamu. Kapan kamu coba?
Dapatkan Komposisi Diagonal
Yang satu ini merupakan aturan komposisi fotografi yang mungkin jarang diketahui oleh pemula. Garis horizontal akan menimbulkan kesan tenang, sedangkan garis vertikal mampu menimbulkan kesan permanen dan penyetabil. Nah, kalau kamu ingin menambah variasi dan kesan dramatis, sangat disarankan untuk menggunakan garis diagonal. Garis ini bisa berupa benda apapun yang berbentuk diagonal. Kamu dapat menggunakan teknik dutch tilt, yakni dengan cara memiringkan kamera pada satu sisi sehingga subjek yang tadinya vertikal atau horizontal terlihat diagonal. Gunakan low angle shot agar gambarmu makin dramatis.
Dari keempat tips di atas, kamu boleh tidak mengikutinya. Karena prinsip seorang seniman adalah mereka tidak berpegang pada suatu aturan baku dan mereka senang berimajinasi di luar pikiran orang banyak. Mereka senang memandang hal-hal yang berbeda dengan kebanyakan orang.

0 komentar: